Selasa, 01 November 2016

Tips Mengatasi Shock Belakang Scorpio yang Ambles

Penyebab Yamaha Scorpio ambles lagi ambles lagi..

yamaha scorpio (2)

Selama ini banyak pemilik motor Yamaha Scorpio memodifikasi motornya terutama bagian suspensi belakangnya agar buritannya terlihat lebih nungging. Kekurangan Yamaha Scorpio ini memang ada di suspensi belakang atau sistem monoshocknya yang lemah sehingga Yamaha Scorpio terlihat ambles. Ambles di sini bukan diartikan ambles sampai ban belakang menyentuh fender di bawah bodi belakang namun ambles yang diartikan dari sisi visual.
cr-ar-custom


Biasanya untuk mengatasinya bisa dengan memodifikasi mengganti AR (Arm Relay), Conrod (Connecting Rod), dan shockbreaker aftermarket yang lebih bagus. Namun bukan berarti Yamaha Scorpio benar-benar bebas dari masalah ambles ini. Untuk mengetahui penyebabnya coba kita telusuri masalahnya satu per satu Bro & Sis, pertama buka dulu bodi samping kanan Yamaha Scorpio, buka atau lepaskan accu dari tempatnya dan terlihat disana ada 2 baut di wadah accu.
buka wadah aki


Buka 2 baut tersebut dan nantinya terlihat seperti ini :
buka baut atas shock


Buka baut shock bagian atas seperti yang ditunjukan oleh panah hijau. Selanjutnya buka baut condrod (panah kuning dan biru), baut shockbreaker ( panah merah),dan baut arm relay (panah hijau) :

buka baut ar conrod shock


Lepaskan arm relay dan tarik shokbreaker ke bawah :
ar terkikiskaret shock pecah


Dari kedua gambar di atas terlihat kondisi bos arm relay dalam keadaan aus sehingga ada celah kurang lebih 1mm. Sedangkan kondisi karet bos shockbreaker rusak dan sebagian keluar, mungkin sebabnya karena ada ruang kosong sehingga karet dominan keluar ketika shockbreaker mendapat tekanan.
shock scorpio


Untuk memperbaiki shockbreaker tersebut lepas bos besi di tengah dan bersihkan karet yang masih menempel :
lepas karet & bos shock


Beri karet yang lebih kuat misalnya karet Bos Arm. Karet bos arm tersebut dibuat lebih tebal di bagian bawah dan beri plat besi (seng) beberapa lapis agar karet tidak keluar, rapikan dengan kikir atau ampelas seperti ini :
modif bos karet shock

Selanjutnya untuk sela di AR atau Conrod bisa ganti dengan bos AR & Conrod yang baru atau bisa juga pakai trik yang murah mirip seperti cara yang pernah MB pakai di sini.
Hasilnya Scorpio pun jadi nungging bahkan lebih nungging dari sebelumnya ketika baru ganti AR dan shockbreaker, walaupun standar samping sudah diganjal dengan bantalan karet (sebelumnya) sekarang posisi motor lebih miring.
standar tambah 2cm


Last dari kejadian ini ternyata walaupun hanya turun 1mm dari salah satu part suspensi bisa jadi membuat ambles beberapa kali lipat di roda belakang.
efek sudutSemoga Bermanfaat yaa Bro

Tidak ada komentar:

Posting Komentar